BAHAN UJI

BAHAN UJI TERKINI


Arsip lama:
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPA PERSIAPAN UN 2013
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPS PERSIAPAN UN 2013
B. Teknik dan Instrumen Penilaian
B.1 Seluruh pendidik telah melakukan penilaian sesuai KD dengan kondisi:
A.   Terprogram  menggunakan tes dan non tes
Teknik penilaian disesuaikan berdasarkan panduan kelompok mata pelajaran dengan berbagai tambahan yang membangun antara lain sebagai berikut:
a.      Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Penilaian  hasil  belajar  kelompok  mata  pelajaran  agama  dan  akhlak  mulia  serta kelompok   mata  pelajaran  kewarganegaraan  dan  kepribadian  dilakukan  melalui pengamatan  terhadap  perubahan  perilaku  dan  sikap  untuk  menilai  perkembangan afeksi dan kepribadian peserta didik, serta ujian, ulangan, dan atau penugasan untuk mengukur  aspek  kognitif peserta didik (Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 64 ayat 3);
Teknik penilaian yang dapat digunakan pendidik kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia antara lain sebagai berikut.
1.  Tes tertulis
Tes tertulis  adalah  suatu  teknik  penilaian  yang  menuntut  jawaban  secara tertulis,  baik  berupa  pilihan  atau  isian.  Tes  yang  jawabannya  berupa  pilihan meliputi antara lain pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan, sedangkan  tes yang jawabannya berupa isian berbentuk isian singkat atau uraian.

2.  Observasi
Observasi atau  pengamatan adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan menggunakan indera secara langsung. Observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.



3.  Tes praktik
Tes praktik,  juga  biasa  disebut  tes  kinerja,  adalah  teknik  penilaian  yang menuntut  peserta  didik  mendemonstrasikan  kemahirannya.  Tes  praktik  dapat berupa tes identifikasi,  tes simulasi dan tes kinerja. Tes identifikasi dilakukan untuk mengukur kemahiran mengidentifikasi sesuatu hal berdasarkan fenomena yang ditangkap melalui alat indera, misalnya mengindentifikasi adanya kesalahan bacaan   Al-Quran   (dalam   Pendidikan   Agam Islam)   yang   diperdengarkan kepadanya.  Tes  simulasi  digunakan  untuk  mengukur  kemahiran  bersimulasi memperagakan suatu tindakan, misalnya praktik simulasi memandikan mayat. Tes  kinerja dipakai untuk mengukur kemahiran mendemonstrasikan pekerjaan yang sesungguhnya, misalnya berupa kegiatan tes untuk mengukur kemahiran membaca al-Qur’an, kegiatan menghafal injil.

4. Penugasan
Penugasan  adalah  suatu  teknik  penilaian  yang  menuntut  peserta  didik melakukan  kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penugasan dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penugasan dapat berupa pekerjaan rumah atau proyek. Pekerjaan rumah adalah tugas menyelesaikan soal- soal dan latihan yang dilakukan peserta  didik di luar kegiatan kelas. Proyek adalah suatu      tugas yang melibatkan kegiatan  perancangan,  pelaksanaan, dan pelaporan   secara  tertulis  maupun  lisan  dalam waktu  tertentu  dan  umumnya menggunakan data lapangan, misalnya proyek penyelenggaraan hari-hari besar keagamaan.

5. Tes lisan
Tes lisan  dilaksanakan  melalui  komunikasi  langsung  antara  peserta  didik dengan  penguji dan jawaban diberikan secara lisan. Tes jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman penskoran. Di sini guru mata pelajaran menyediakan bank soal beserta kuncinya.

6. Penilaian portofolio
Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai portofolio  peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya-karya peserta didik dalam  bidang tertentu yang   diorganisasikan untuk      mengetahui      minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Misalnya membuat karya kaligrafi dan sebagainya.

7. Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik selama proses pembelajaran yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkait dengan kinerja ataupun sikap dan perilaku peserta didik yang dipaparkan secara deskriptif. Catatan ini berisi kasus-kasus kenakalan siswa, prestasi-prestasi akademik dan non akademik yang dikeluarkan pihak sekolah maupun luar sekolah.   

8. Penilaian diri
Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  untuk  mengemukakan  kelebihan  dan  kekurangan  dirinya,  penguasaan kompetensi yang ditargetkan, dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Misalnya aktivitas solat lima waktu, solat tarawih, tahajjud ataupun solat dhuha bagi PAI, aktivitas ke gereja dengan mendapatkan pengesahan pemuka agama setempat.

9.  Penilaian antar teman
Penilaian antarteman  merupakan  teknik  penilaian  dengan  cara  meminta peserta  didik  untuk  mengemukakan  kelebihan  dan  kekurangan,  penguasaan kompetensi, dan pengamalan ajaran agama yang dianut temannya. Penilaian ini dilakukan secara rahasia pada amplop tertutup.
Tingkat SMA/MA/K:
1.       Matematika SMA IPA
2.       Matematika SMA IPS
3.       Matematika SMK
4.       Matematika Dasar SNMPTN
5.       Matematika IPA SNMPTN
6.       Matematika Kelas X
7.       Matematika Kelas XI
8.       Matematika SNMPTN 1
9.       Matematika SNMPTN 2
              Tingkat SMP/Mts
1.  Matematika Kelas 7
2.  Matematika Kelas 8
3.  Matematika Kelas 9 / Gabungan
4.  Matematika Mts / Gabungan
             Tingkat SD
1.  Matematika Kelas 4
2.  Matematika Kelas 5
3.  Matematika Kelas 6
4. .Matematika SD / Gabungan
Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, bila anda tertarik beritakan pada teman-teman anda,  apabila kurang tertarik beritahukan kepada kami.
Latihan web quiz menentukan ruang sampel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN KISI-KISI UAS MATEMATIKA KELAS XII IPS

KISI-KISI SOAL MATEMATIKA MID SEMESTER KELAS XI IPA

KISI-KISI MATEMATIKA WAJIB KELAS X IPA/IPS SIC UTS SEMESTER GANJIL  TA. 2017-2018